aktualita

Jakarta- Calon Gubernur DKI Jakarta Muhamad Idrus berpendapat, pembangunan ekonomi Jakarta harus dimulai dari bawah supaya merangsang partisipasi masyarakat. Untuk itu, ia akan menggerakan masyarakat agar mendirikan koperasi di setiap RW di Jakarta. “Dengan koperasi di setiap RW kita bisa gerakan ekonomi warga yang kokoh sejak dari fondasinya,” kata calon gubernur yang terkenal dengan tagline #JakartaKEREN tersebut, Senin (7/3).

“Koperasi soko guru perekonomian Indonesia, yakni sebagai pilar atau penyangga utama. Koperasi juga merupakan sistem yang digali dan dikembangkan dari budaya asli Indonesia,” imbuh Muhamad Idrus, yang juga merupakan Ketua Koperasi Dewan Masjiad Indonesia (DMI), di Jakarta.

Di samping koperasi, Muhamad Idrus juga bertekad menjadikan masjid sebagai pusat eknonomi. Caranya dengan menyiapkan instrumen-instrumen yang mendukung pertumbuhan ekonomi mulai dari level terendah. “Artinya negara hadir dengan memberikan modal murah dan instrumen-instrumen agar pertumbuhan ekonomi ke depan itu tidak hanya terfokus di wilayah-wilayah seperti Sudirman, Thamrin, tapi di level terendah yaitu masjid,” terangnya.

Calon gubernur yang dikenal sebagai Darah Baru Jakarta ini melihat, disparitas antara orang kaya dan miskin saat ini masih terlalu lebar. Di sinilah arti vital keberadaan masjid sebagai pusat ekonomi masyarakat. Ia pun menerangkan tiga solusi yang menjadi fokus kerjanya di masa mendatang.

Pertama, menciptakan 1 Juta pengusaha muda dan fokus ke masjid. Kedua, menyiapkan infrastruktur, yang bukan hanya fisik tapi infrastruktur ekonomi. Ketiga, menciptakan lingkungan yang mendukung para pengusaha muda, yang berbasis dari masjid tersebut sehingga mereka terinspirasi dan terbangun dirinya untuk menjadi pengusaha. “Inilah yang akan membangkitkan ekonomi Jakarta ke depan, sehingga disparitas antara si kaya dan si miskin semakin kecil,” jelas pria Betawi kelahiran Cilincing, Jakarta Utara ini. (BOW) (449)

Leave a Comment